Kamis, 13 November 2008

As-Sunnah-Imam Ahmad

AS SUNNAH
AL IMAM AHMAD BIN HANBAL

Berkata Abul Husain Muhammad bin Abi Ya'la, Al Mubarak menceritakan kepada kami, beliau berkata, Abdul 'Azis Al Azjiy mengabarkan kepada kami, beliau berkata, Abu Bakar Al Mufid menceritakan kepada kami, beliau berkata, Al Hasan bin Isma'il Al Rib'iy menceritakan kepada kami, beliau berkata, Ahmad bin Hanbal, Imam Ahlus Sunnah, yang telah bersabar sewaktu adanya Mihnah – ujian/fitnah seputar masalah Al Qur'an -, berkata kepadaku : -
Telah sepakat sembilan puluh orang ulama tabi'in, para Imam kaum muslimin dan para Imam As-Salaf serta fuqaha' pada tiap zaman, bahwa As Sunnah yang telah ditinggalkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sepeninggal beliau adalah : -
Sunah yang pertama : Adalah ridho dengan setiap Qadho' Allah – 'azza wajalla – dan meyerahkan diri pada setiap keputusan-Nya , bersabar pada semua hukum ketentuan-Nya, serta melaksanakan setiap perintah dan menjauhi setiap larangan- Nya.
Beriman kepada Al Qadar – Takdir - , yang baik maupun yang buruk.
Meninggalkan perdebatan yang sia-sia dan
Melakukan Jihad bersama setiap Khalifah, yang baik ataupun yang fajir.
Menshalati setiap yang meninggal dari Ahlul Qiblat.
Al-Iman adalah ujaran dan amalan, bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan perbuatan makshiyat.
Al-Qur`an Kalamullah, yang diturunkan kedalam hati Nabi-Nya Muhammad shallallahu 'alaihi wasalam , dan bukanlah makhluq dari manapun dilantunkan.
Bersabar dibawah naungan panji seorang penguasa dengan segala yang nampak padanya, perbuatan adil ataukah perbuatan dholim.
Dan untuk tidak mengadakan pemberontakan pada setiap pemimpin ketika mereka berbuat hal-hal yang zhalim.
Dan tidak mengkafirkan seorang-pun dari Ahlut Tauhid, walapun ia melakukan perbuatan dosa besar.
Menahan diri dari segala yang telah diperselisihkan para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Sebaik-baik kaum manusia – sepeninggal Rasulullah shallalllahu 'alaihi wasallam – adalah Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali anak paman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Mendo'akan rahmat bagi setiap sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan pada anak keturunan beliau, para istri-istri beliau, para kerabat /mertua beliau – radhiallahu 'anhum ajma'in.
Dan inilah As-Sunnah , ketika kalian berpegang dengannya kalian akan meraih keselamatan.